5 Contoh Surat Pendek dalam Bahasa Inggris yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Kalbariana.web.id – Surat merupakan salah satu bentuk komunikasi tertulis yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Surat dapat digunakan untuk berbagai macam kepentingan, termasuk untuk bisnis, pendidikan, dan keperluan pribadi. Untuk memudahkan Anda dalam membuat surat, berikut ini adalah 5 contoh surat pendek dalam bahasa Inggris yang perlu Anda ketahui.

Surat pendek merupakan jenis surat yang memiliki panjang yang relatif singkat dan biasanya digunakan untuk mengirimkan pesan yang sederhana dan langsung ke intinya. Meskipun panjangnya singkat, surat pendek dapat mengandung informasi yang sangat penting sehingga penulisan surat pendek yang baik dan benar sangat penting agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan jelas oleh penerima surat.

Contoh Surat Penawaran (Offer Letter)

Contoh Surat Penawaran (Offer Letter)Sumber: bing

Untuk memperjelas isinya, surat penawaran dapat dibagi menjadi beberapa bagian, seperti bagian pembuka, bagian isi, dan bagian penutup. Bagian pembuka dapat berisi informasi tentang perusahaan atau individu, sedangkan bagian isi berisi tentang gambaran umum barang atau jasa yang ditawarkan dan harga yang ditetapkan. Bagian penutup dapat berisi informasi tentang cara untuk melakukan pembelian atau cara untuk menghubungi Anda jika pihak lain berminat dengan penawaran yang Anda ajukan.

Sebagai contoh, dalam surat penawaran Anda dapat memulai dengan kalimat “Dear Sir/Madam, We are pleased to offer you our latest product, the XYZ, which is designed to meet your needs and provide you with the best quality product in the market. The product is available at a competitive price of $xxx per unit and we are confident that it will meet your expectations.

Contoh Surat Permintaan (Request Letter)

Contoh Surat Permintaan (Request Letter)Sumber: bing

Untuk memperjelas isinya, surat permintaan dapat dibagi menjadi beberapa bagian, seperti bagian pembuka, bagian isi, dan bagian penutup. Bagian pembuka dapat berisi informasi tentang perusahaan atau individu, sedangkan bagian isi berisi tentang gambaran umum permintaan yang dilakukan dan alasan mengapa permintaan tersebut dibutuhkan. Bagian penutup dapat berisi informasi tentang cara untuk menghubungi Anda jika pihak lain berminat untuk membantu atau memberikan jasa yang Anda minta.

Sebagai contoh, dalam surat permintaan Anda dapat memulai dengan kalimat “Dear Sir/Madam, I am writing to request your assistance in providing me with the necessary documents to complete my application for a student visa to the United States. I have attached a list of the necessary documents that are required to complete my application. I would greatly appreciate it if you could send me the documents as soon as possible so that I can meet the deadline for my application.”

Contoh Surat Konfirmasi (Confirmation Letter)

Contoh Surat Konfirmasi (Confirmation Letter)Sumber: bing

Untuk memperjelas isinya, surat konfirmasi juga dapat dibagi menjadi beberapa bagian, seperti bagian pembuka, bagian isi, dan bagian penutup. Bagian pembuka dapat berisi informasi tentang janji atau kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya, sedangkan bagian isi berisi tentang konfirmasi yang diberikan tentang janji atau kesepakatan tersebut. Bagian penutup dapat berisi informasi tentang cara untuk menghubungi Anda jika terdapat kesalahan dalam konfirmasi yang diberikan.

Sebagai contoh, dalam surat konfirmasi Anda dapat memulai dengan kalimat “Dear Sir/Madam, I am writing to confirm our appointment that we scheduled over the phone yesterday. Our meeting will be held on Monday, 15th August 2022 at 10am at our office located at Jl. Ahmad Yani No. 25. Please let me know if you need any further information or if there are any changes to our meeting schedule.”

Contoh Surat Pemberitahuan (Notification Letter)

Untuk memperjelas isinya, surat pemberitahuan juga dapat dibagi menjadi beberapa bagian, seperti bagian pembuka, bagian isi, dan bagian penutup. Bagian pembuka dapat berisi informasi tentang perusahaan atau individu, sedangkan bagian isi berisi tentang pemberitahuan yang ingin disampaikan. Bagian penutup dapat berisi informasi tentang cara untuk menghubungi Anda jika terdapat pertanyaan atau kebingungan tentang pemberitahuan yang Anda berikan.

Sebagai contoh, dalam surat pemberitahuan Anda dapat memulai dengan kalimat “Dear Customers, we would like to inform you that our store hours will be changing starting next week. Our new store hours will be 9am to 7pm from Monday to Friday, and 10am to 6pm on weekends. We apologize for any inconvenience this may cause and we hope you continue to shop with us. Thank you for your understanding.”

Gravatar Image
Halo, gue adalah penulis seru yang doyan banget nulis tentang pendidikan, soal, dan tutorial. Gue nggak cuma berbagi ilmu, tapi juga selipin guyonan biar belajar jadi lebih asyik. Yuk, mari kita eksplor dunia pengetahuan sambil ketawa bareng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *