5 Cara Mudah Membersihkan Kompor yang Kotor

Posted on

Kalbariana.web.id – Mungkin Anda sering kesulitan membersihkan kompor yang kotor setelah digunakan untuk memasak. Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mudah dan sederhana untuk membersihkan kompor Anda. Berikut adalah 5 cara membersihkan kompor yang bisa Anda coba:

Bagaimana Cara Membersihkan Kompor dengan Mudah dan Efektif

Bagaimana Cara Membersihkan Kompor dengan Mudah dan Efektif

Semua orang pasti ingin memiliki dapur yang bersih dan rapi, termasuk kompornya. Namun, seringkali kita sulit menghilangkan noda atau kotoran yang membandel pada kompor. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips dan trik untuk membersihkan kompor secara mudah dan efektif. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Gunakan Sabun Cuci Piring

Langkah pertama dalam membersihkan kompor adalah dengan menggunakan sabun cuci piring. Oleskan sabun pada bagian kompor yang kotor dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, lap dengan kain basah dan keringkan dengan kain kering. Dengan cara ini, noda atau kotoran pada kompor akan lebih mudah terangkat.

2. Gunakan Baking Soda

Untuk membersihkan noda atau kotoran yang membandel pada kompor, gunakan baking soda. Campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini pada bagian kompor yang kotor, biarkan selama beberapa menit, lalu gosok dengan spons. Setelah itu, lap dengan kain basah dan keringkan dengan kain kering.

3. Gunakan Cuka Putih

Cuka putih juga bisa menjadi pilihan untuk membersihkan kompor. Campurkan cuka putih dengan air dalam wadah, lalu gunakan lap atau kain untuk membersihkan bagian kompor yang kotor. Setelah itu, lap dengan kain basah dan keringkan dengan kain kering. Cuka putih memiliki sifat yang bisa menghilangkan kotoran dan juga bakteri.

4. Gunakan Pasta Gigi

Pasta gigi juga bisa menjadi alternatif untuk membersihkan kompor. Oleskan pasta gigi pada bagian kompor yang kotor, biarkan selama beberapa menit, lalu gosok dengan spons. Setelah itu, lap dengan kain basah dan keringkan dengan kain kering. Dengan pasta gigi, kompor akan terlihat bersih dan wangi.

5. Jangan Lupa Membersihkan Bagian Kompor Lainnya

Saat membersihkan kompor, jangan lupa untuk membersihkan bagian kompor lainnya seperti kaki kompor, knob, dan bagian lainnya. Gunakan lap atau kain yang telah dibasahi dengan sabun atau cuka putih untuk membersihkannya. Setelah itu, lap dengan kain basah dan keringkan dengan kain kering.

Demikianlah tips dan trik untuk membersihkan kompor secara mudah dan efektif. Dengan menjaga kebersihan kompor, maka kita juga bisa memastikan keamanan dan kesehatan saat memasak. Selamat mencoba!

6 Cara Membersihkan Kompor yang Mudah dan Efektif

  • Jangan biarkan noda dan kotoran menumpuk di kompor Anda. Bersihkan setiap setelah digunakan.

  • Campurkan air dan sabun cuci piring untuk membersihkan bagian atas kompor yang terbuat dari keramik atau kaca. Lap dengan kain lembut hingga bersih.

  • Untuk bagian atas kompor yang terbuat dari bahan lain, seperti stainless steel atau besi, gunakan spons atau kain yang telah direndam dalam air sabun. Gosok hingga bersih, lalu lap dengan kain lembut.

  • Untuk membersihkan bagian dalam kompor gas, lepaskan bagian atasnya dan bersihkan penjepit dan panggangan dengan sabun dan air. Jangan lupa membersihkan alat pengatur api juga.

  • Gunakan cuka putih untuk membersihkan noda yang sulit di bagian dalam kompor. Gunakan spons atau kain yang telah direndam dalam cuka, gosok hingga bersih.

  • Jangan gunakan bahan kimia yang keras atau scrubber kasar untuk membersihkan kompor, karena dapat merusak permukaannya.

  • FAQs: Bagaimana Cara Membersihkan Kompor

    FAQs: Bagaimana Cara Membersihkan Kompor

    1. Apakah penting untuk membersihkan kompor secara berkala?

    Ya, sangat penting untuk membersihkan kompor secara berkala untuk menjaga kebersihan dan kinerja kompor. Jika tidak dibersihkan, kotoran dan lemak akan menumpuk dan dapat mengganggu kerja kompor. Selain itu, kotoran juga dapat mengakibatkan api menjadi tidak merata dan bahkan memicu kebakaran.

    2. Apa yang harus dilakukan sebelum membersihkan kompor?

    Pastikan kompor sudah mati dan dingin sebelum membersihkannya. Selain itu, lepas terlebih dahulu bagian-bagian yang bisa dilepas seperti kaki kompor, tungku, dan knob gas agar mudah dibersihkan.

    3. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan kompor?

    Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain sabun pencuci piring, air hangat, lap bersih, spons, baking soda, cuka putih, dan sikat gigi bekas.

    4. Bagaimana cara membersihkan tungku atau burner gas pada kompor?

    Setelah melepas bagian tungku, cuci dengan sabun pencuci piring dan air hangat. Jika ada noda yang sulit dihilangkan, gunakan baking soda yang dicampur dengan air hingga membentuk pasta. Gosokkan pada bagian yang kotor, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

    5. Bagaimana cara membersihkan knob gas atau tombol pengatur api pada kompor?

    Lap knob gas dengan spons yang dicelupkan ke dalam campuran sabun pencuci piring dan air hangat. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap bersih. Jangan mencuci knob gas dengan air karena bisa merusak bagian dalamnya.

    6. Apakah cuka putih dapat digunakan untuk membersihkan kompor?

    Ya, cuka putih dapat digunakan untuk membersihkan kompor. Campurkan cuka putih dengan air dalam rasio 1:1 pada botol semprot. Semprotkan pada bagian yang kotor dan biarkan selama beberapa menit sebelum membersihkannya dengan spons. Cuka putih dapat membantu menghilangkan noda lemak dan kotoran yang membandel.

    Jangan lupa untuk membersihkan kompor secara berkala agar tetap bersih dan aman digunakan. Selain itu, pastikan juga untuk mengikuti instruksi pabrik dalam merawat kompor Anda.

    Proyek Berusaha Memotong Kematian, Membangun Pasar untuk Kompor Bersih | Video

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *